Penyebab Utama Radang Sendi Yang Sering Disepelekan

Penyebab Utama Radang Sendi ,- Radang sendi merupakan penyakit yang bersifat kronis dan bisa menyerang pria ataupun wanita. Dimana penyebab dari penyakit ini sering kali tidak disadari oleh penderitanya.

Karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa saja hal yang dapat menyebabkan radang sendi. Hal ini agar kita dapat terhindar dari penyakit persendian yang satu ini.

Penyebab Utama Radang Sendi

Penyebab Utama Radang Sendi

Radang sendi atau dalam istilah medis disebut dengan artritis adalah kondisi dimana terjadi peradangan pada beberapa atau satu sendi yang menyebabkan rasa sakit, bengkak dan kaku pada persendian tersebut.

Sendi sendiri adalah bagian dari sistem otot tulang, tempat dua atau lebih tulang bertemu seperti : lutut, pergelangan kaki dan pinggang. Ujung dari tulang-tulang dibungkus dengan tulang rawan yang dikelilingi selaput tipis yang mengeluarkan cairan sinovial.

Cairan sinovial berfungsi sebagai pelumas alami sendi yang membuat tulang bergeser dengan tulang lain secara mulus ketika tubuh bergerak. Dan radang sendi terjadi akibat kurangnya cairan sinovial, sehingga menyebabkan sendi meradang.

Biasanya sendi yang paling sering terkena peradangan yaitu sendi kaki, lutut, tangan, dan pergelangan tangan. Sementara sendi yang jarang terkena yaitu bagian tubuh lain seperti paru-paru, mata, jantung, pembuluh darah, kulit dan saraf.

Karena radang sendi banyak macamnya, maka penyebabnya pun berbeda-beda. Dan berikut jenis-jenis radang sendi berdasarkan penyebabnya :

  • Radang Sendi Karena Infeksi (Infectious Arthritis)

Jenis radang sendi ini dapat terjadi karena virus, bakteri atau jamur yang masuk ke dalam darah dan menyerang ke dalam sendi sehingga menimbulkan reaksi peradangan.

Septic arthritis, nama lain dari Infectious Arthritis ini berisiko terjadi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti menderita penyakit kanker dan diabetes.

  • Radang Sendi Karena Degeneratif (Degenerative Arthritis)

Kondisi ini sering disebut juga dengan osteoarthritis, yang mana bisa terjadi ketika tulang rawan sendi mulai menipis seiring usia, sehingga tulang dapat bergesekkan langsung dengan tulang lain dan menyebabkan rasa sakit serta terhambatnya gerakan.

Osteoarthritis biasanya dialami oleh orang dengan usia 50 tahun ke atas dan umumnya menyerang sendi bagian tangan, lutut, pinggul atau tulang belakang. Namun, dapat juga menyerang tulang belakang daerah leher dan menyebabkan gejala nyeri serta kaku pada leher.

  • Radang Sendi Karena Gangguan Metabolik (Metabolic Arthritis)

Penyakit asam urat merupakan penyebab utama radang sendi akibat gangguan metabolik. Dimana kondisi ini umumnya menyerang bagian sendi jempol kaki dan sering di picu oleh menumpuknya kristal asam urat di dalam sendi.

  • Radang Sendi Karena Reaksi Peradangan (Inflammatory Arthritis)

Sistem kekebalan tubuh biasanya melindungi tubuh dengan menimbulkan reaksi peradangan untuk mencegah penyakit. Namun dalam kasus ini, sistem kekebalan tubuh justru menyerang sendi dengan menyebabkan reaksi peradangan yang tidak terkontrol (reaksi autoimun).

Penyakit radang sendi ini akan semakin berisiko terjadi pada orang yang memiliki riwayat keluarga dengan arthritis dan sering merokok. Selain itu, adanya riwayat cedera pada sendi juga dapat menyebabkan rasa sakit di sekitar sendi tersebut, kambuh di kemudian hari.

Sumber : https://www.alodokter.com/radang-sendi

Bagi Anda yang mencari pengobatan untuk mengatasi radang sendi, disini kami sarankan untuk mencoba pengobatan dengan mengkonsumsi obat herbal Sehat Sendi (SSY), yang telah terbukti ampuh dan aman tanpa menimbulkan efek samping apapun. Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa mengunjungi >> Obat Radang Sendi Alami

Terimakasih telah berkunjung dan menyimak artikel kami seputar Penyebab Utama Radang Sendi, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjawab rasa ingin tahu Anda.

Dipersembahkan oleh :

Penyebab Utama Radang Sendi

1 Trackback / Pingback

  1. Makanan Sehat Untuk Penderita Radang Sendi Yang Baik Dikonsumsi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*