Penderita Radang Sendi ? Hindari 9 Makanan dan Minuman Ini

Anda Penderita Radang Sendi ? Hindari 9 Makanan dan Minuman Ini, agar pengobatan radang sendi yang sedang Anda lakukan tidak sia-sia dan proses penyembuhan pun dapat berjalan dengan cepat.

Pantangan Makanan dan Minuman Penderita Radang Sendi

Penderita Radang Sendi ? Hindari 9 Makanan dan Minuman Ini

Tidak semua jenis makanan dan minuman bisa dikonsumsi oleh penderita radang sendi. Ada beberapa jenis makanan dan minuman, yang mana jika dikonsumsi penderita radang sendi, akan membuat penyakitnya semakin bertambah parah.

Berikut 9 jenis makanan dan minuman yang harus dihindari bahkan tidak dikonsumsi oleh penderita radang sendi, yaitu :

  1. Hindari Konsumsi Gorengan

Mengkonsumsi makanan yang digoreng sangat tidak dianjurkan untuk penderita radang sendi, karena dapat memperparah peradangan yang terjadi.

Disamping itu, minyak goreng yang digunakan juga sebagian besar memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi dan kadar kolesterol jahat yang juga tinggi. Utamanya untuk minyak goreng yang sudah digunakan beberapa kali.

  1. Jangan Konsumsi Makanan Bersantan

Menambah santan pada makanan akan membuat cita rasa makanan semakin nikmat. Namun, pada orang yang menderita radang sendi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bersantan ini. Karena dapat meningkatkan kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuh.

  1. Hindari Makanan Jeroan

Jeroan merupakan makanan yang banyak digemari. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini tentu akan sangat berbahaya bagi orang yang menderita radang sendi, karena dapat menimbulkan pembengkakan.

Peradangan juga dapat semakin menjalar ke bagian tubuh lain dan membuat penyakit radang sendi semakin sulit untuk disembuhkan. Karena itu, orang yang menderita radang sendi, sebaiknya hindari konsumsi jeroan ini.

  1. Jangan Konsumsi Makanan Olahan

Makanan yang diolah dengan cara dipanggang, dibakar dan digoreng memang kelihatan lezat untuk dikonsumsi. Namun bagi orang yang menderita radang sendi, mengkonsumsi makanan olahan hanya akan memperparah kondisi penyakitnya.

Pasalnya kandungan purin dan air yang terdapat pada makanan olahan sangat tidak seimbang. Karena itu, orang yang menderita radang sendi sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan olahan.

  1. Hindari Seafood

Rasa seafood yang enak sudah pasti dapat menambah nafsu makan, apalagi seafood mengandung protein dan omega 3 yang tinggi.

Namun, bagi penderita radang sendi mengkonsumsi seafood sangat tidak dianjurkan, karena seafood mengandung kolesterol tinggi yang dapat memperparah peradangan yang terjadi.

  1. Hindari Makanan dan Minuman Beralkohol

Penderita radang sendi yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol, berpotensi mengalami peradangan yang lebih parah dan imunitas tubuh pun akan semakin lemah.

Alkohol mengandung purin dan kadar gula yang sangat tinggi. Hal ini tentu akan memicu seseorang terkena penyakit diabetes. Kandungan purin yang tinggi juga berbahaya bagi penderita rematik dan asam urat.

  1. Jangan Minum Kopi

Hal yang harus dihindari penderita radang sendi yaitu zat kafein yang terkandung dalam kopi. Dimana zat kafein ini dapat mengakibatkan peradangan serius pada sendi.

Sebenarnya zat kafein tidak akan menimbulkan efek berbahaya jika dikonsumsi dalma kadar yang wajar. Banyak yang seringkali terbiasa konsumsi kopi secara berlebihan dalam sehari, sehingga menjadi sangat berbahaya.

  1. Hindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Menurut penelitian, minuman soda akan melepaskan cytoken yaitu senyawa kimia yang akan memperparah peradangan.

Selain itu, mengkonsumsi minuman bersoda juga dapat meningkatkan resiko serangan artritis, nyeri sendi yang disertai dengan nyeri otot dan rematik.

  1. Susu Pasteurisasi

Susu merupakan salah satu minuman yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan sendi. Namun bagi penderida radang sendi, mengkonsumsi susu sangat tidak disarankan.

Pasalnya susu mengandung kasein yang tinggi, sehingga dapat memicu peradangan semakin bertambah parah. Kandungan kasein yang dikonsumsi, sebaiknya dalam kadar rendah. Sehingga tidak membahayakan bagi penderita peradangan.

Orang yang menderita radang sendi memang mempunyai pantangan makanan dan minuman yang cukup banyak. Karena itulah, penderita radang sendi harus lebih cermat dalam memilih makanan agar penyakit radang sendi yang diderita tidak semakin bertambah buruk.

Adakah Makanan dan Minuman Yang Baik Untuk Saya Penderita Radang Sendi ?

Tentunya pasti ada, para ahli gizi menyarankan untuk penderita radang sendi agar mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat seperti walnut, buah zaitun, alpukat, dan kacang almond.

Jenis makanan lain yang dapat dikonsumsi penderita radang sendi yaitu jamur kuping, kedelai, kacang walnut, oatmeal, jeruk dan ceri. Untuk mengetahui lebih lengkapnya seputar makanan sehat untuk penderita radang sendi, silahkan KLIK DISINI.

Demikianlah artikel kami seputar makanan dan minuman yang harus dihindari penderita radang sendi. Semoga artikel ini bermanfaat dan penyakit radang sendi yang diderita pun dapat segera sembuh. Aminn

~~~ Terimakasih Telah Berkunjung dan Salam Sehat ~~~

Posted by :

Obat Radang Sendi Alami

1 Trackback / Pingback

  1. Wow! Inilah 7 Tanaman Obat Tradisional Radang Sendi Termanjur

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*