Olahraga Ringan Khusus Penderita Radang Sendi

Olahraga Ringan Khusus Penderita Radang Sendi ,- Kebanyakan orang yang mengalami radang sendi enggan untuk berolahraga karena takut akan mengalami sakit pada tubuh mereka.

Namun menurut para ahli, penderita radang sendi yang rajin olahraga justru akan berkurang rasa nyeri pada sendi, lebih berenergi dan kualitas tidur mereka pun akan meningkat.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas hingga tuntas apa saja olahraga yang baik untuk penderita radang sendi, simak ulasannya berikut ini.

Olahraga Ringan Khusus Penderita Radang Sendi

Olahraga Ringan Khusus Penderita Radang Sendi

Kita tentu sudah tahu akan manfaat olahraga yang sangat baik untuk kebugaran tubuh. Karena itu, jangan jadikan radang sendi sebagai penghalang bagi Anda untuk melakukan berbagai aktivitas, khususnya olahraga.

Aktivitas fisik justru terbukti dapat memberikan efek positif bagi penderita radang sendi. Berikut beberapa jenis olahraga yang baik untuk penderita radang sendi, yakni :

  1. Aerobik

Aerobik merupakan jenis olahraga yang melibatkan otot tubuh secara berulang dengan ritme yang teratur. Olahraga ini dapat meningkatkan kesehatan jantung paru-paru, dan fungsi otot. Aerobik juga bermanfaat untuk mengontrol berat badan, mood, dan kesehatan lainnya secara umum.

Gerakan aerobik yang baik untuk penderita radang sendi yaitu berjalan, menari aerobik, latihan aquatic, bersepeda, serta latihan dengan bantuan alat seperti sepeda statis dan treadmill. Olahraga aerobik selama 150 menit dalam seminggu adalah waktu yang disarankan untuk penderita radang sendi.

  1. Berenang

Berenang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan berat badan penderita radang sendi, terutama gaya bebas dan gaya punggung. Gaya bebas paling direkomendasikan karena dapat membuat tubuh belakang berputar dan bergerak dengan ringan, sehingga memperkuat posisi tulang tubuh.

Sementara gaya punggung dapat membantu Anda untuk memperkuat otot-otot punggung dan bahu, hal ini tentu akan memperbaiki posisi tulang belakang serta membantu melegakan rongga dada. Namun ketika berenang, hindari gerakan yang terlalu fokus pada gerak lutut seperti gaya dada.

  1. Bersepeda

Bersepeda termasuk olahraga low impact untuk lutut. Olahraga low impact sendiri adalah bentuk aktivitas fisik yang tidak memberikan tekanan berat pada bagian tubuh. Jenis olahraga ini cocok untuk penderita radang sendi karena tidak meningkatkan kadar stres pada lutut.

Bila ingin mulai bersepeda, hendaknya pilih jalan yang cukup landai dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Setelah terbiasa, barulah jarak ditambah. Menggunakan sepeda statis juga dapat dilakukan, namun aturkan kemiringan sepeda dengan kesepatan yang sedang.

  1. Berjalan Kaki

Walaupun melibatkan lutut, berjalan kaki merupakan jenis olahraga yang paling rendah risiko bagi seorang penderita radang sendi. Berjalan kaki tidak memberikan tekanan pada lutut secara berlebihan seperti ketika berlari.

Selain meredakan radang sendi, berjalan kaki juga dapat memperkuat otot kaki. Selain itu, berjalan kaki juga dapat membakar kalori sama dengan kalori yang Anda bakar ketika jogging.

  1. Senam Ringan

Jenis olahraga lain yang dapat dipilih oleh penderita radang sendi yaitu senam ringan. Dimana senam ini dapat dilakukan dengan cara berbaring di karpet atau matras dengan kaki diangkat dan dilipat ke atas bertumpu pada kursi, gerakan ini dapat membantu untuk memperlancar peredaran darah.

Posisi lain yang bisa penderita radang sendi coba yaitu berbaring dengan melipat kaki hingga lutut menempel pada dada. Lakukan kedua gerakan ini selama beberapa menit dan berulang secara teratur, seperti setiap pagi hari.

Itulah beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita radang sendi. Ketika berolahraga, sebaiknya hindari gerakan yang dapat memperparah radang sendi Anda seperti melompat dan menekuk lutut, seperti pada olahraga basket, volly, dan tenis.

Ketika olahraga juga, mulailah dengan melakukan peregangan guna menghangatkan tubuh. Lakukan tips peregangan atau pemanasan dengan gerakan yang benar dan secara perlahan agar tidak memberikan tekanan pada sendi. Akhiri olahraga dengan pendinginan.

Walaupun mengalami radang sendi, bukan berarti Anda harus berhenti bergerak, terlebih lagi jangan berhenti berolahraga. Olahraga tetap harus dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan, tetapi jangan sampai terlalu berlebihan. Bila perlu, konsultasikan ke dokter untuk saran yang tepat.


I K L A N

TELAH HADIR SEHAT SENDI HERBAL YANG DAPAT MENGATASI SEGALA PERMASALAHAN PADA SENDI HINGGA TUNTAS …!!

*Beli 2, GRATIS ONGKIR KE SELURUH INDONESIA*

Sehat Sendi Herbal 'SSY'

BELI SEKARANG


Sehat Sendi Herbal adalah produk herbal yang diformulasikan khusus untuk mencegah sekaligus mengobati berbagai penyakit yang menyerang sendi. Terbuat dari ekstrak akar kuning, bratawali dan daun salam yang 100% alami tanpa sedikitpun menggunakan bahan kimia didalamnya.

Legalitas Produk herbal ini TERJAMIN, karena telah mendapatkan izin edar resmi dari BPOM RI No: TR173306941 dan HALAL (حلال) MUI. Pesan Sekarang Juga ..!!

1 Trackback / Pingback

  1. Khasiat Jahe Untuk Pengobatan Penyakit Radang Sendi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*